Makassar— Gerakan SoBAT Pemkab Soppeng kembali mendapatkan penghargaan dari Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan melalui Governor Award For Inovation (GAFI) 2019 dilaksanakan di Hotel Grand Asia, Makassar, selasa (3/12/19).

Penghargaan ini merupakan Penghargaan yang ke-empat yang didapatkan oleh Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui gerakan SoBAT sejak dideklarasikan pada tahun 2017 yang lalu oleh organisasi pemerintah dan non-pemerintah, baik itu ditingkat Nasional maupun tingkat Provinsi.

Pada penghargaan Governor Award For Innovation (GAFI), Gerakan SoBAT Soppeng berhasil mendapatkan Peringkat II pada kategori Inovasi Pelayanan Publik bersama dengan Inovasi Bersatu Hati Kabupaten Takalar sebagai Peringkat I dan Inovasi Lentera Hati Kota Pare-pare pada urutan III.

Kepala Bappelitbangda, Dra.Hj. Andi Nurlina, MM yang mewakili Bupati Soppeng untuk menerima penghargaan GAFI memberikan ucapan selamat kepada Bupati dan Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng selaku Ketua Pokja Sanitasi atas komitmennya dalam pencapaian gerakan SoBAT, sehingga inovasi ini berhasil medapatkan beberapa penghargaan termasuk penghargaan GAFI 2019 pada kategori Inovasi Pelayanan Publik.

“Penghargaan ini merupakan bonus dari prestasi yang sesungguhnya dalam membebaskan masyarakat Kabupaten Soppeng dari Buang Air Besar Sembarangan yang dilakukan secara bersama-sama Pokja Sanitasi, Swasta dan Masyarakat” ujar Andi Nurlina.

Andi Nurlina berharap, Dengan penghargaan Governor Award For Innovation 2019 ini bisa menjadi pelecut semangat bagi Pokja Sanitasi untuk makin meningkatkan kualitas sanitasi di Kabupaten Soppeng sehingga menuju sanitasi aman sesuai target SDGs 2030. Selain itu, juga diharapakan Inovasi-inovasi lainya di Kabupaten Soppeng bisa lebih ditingkatkan sehingga Pemeritah Kabupaten Soppeng terus bisa berpatisipasi dan memenangkan penghargaan pada GAFI ditahun-tahun mendatang. (**).