Foto Kepala Dinas BPKPD Drs.Dipa, M. Si, Kabag Humas Pemkab Soppeng Muhammad Ihsan.

Soppeng— Satu langkah maju lagi yang di lakukan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) kabupaten Soppeng, terkait aplikasi pajak daerah khususnya pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Menurut Kepala Dinas BPKPD Drs.Dipa, M. Si, pembayaran pajak BPHTB sudah online dengan PPAT dan Notaris, Ini bertujuan untuk transparansi pembayaran pajak bphtb, harga tidak boleh lagi ditentukan oleh sepihak tetapi saling kontrol.

“Setelah host to host dengan badan pertanahan, sekarang di PPAT dan Notaris, diharapkan dengan aplikasi ini PAD untuk sektor ini jauh melampaui target”, ungkapnya.

Dipa menambahkan bahwa, Aplikasi ini berada di BPKPD dan PPAT hanya mendonload broser yang disiapkan BPKPD, jadi setiap pengurusan akte yang melalui PPAT dapat secara online dengan BPKPD sehingga pengurusan hanya ditingkat PPAT karena saat PPAT mengimput melalui aplikasi broser langsung terhubung ke BPKPD yang melakukan validasi dan sekiranya disetujui maka masyarakat langsung membayar biaya akte di bank dan tidak lagi bolak balik ke bpkpd.(Gun’z)