Soppeng— Legislator partai Golkar H.Syahruddin M Adam, S.Sos.MM, resmi dilantik sebagai ketua DPRD kabupaten Soppeng masa jabatan 2019 – 2024 di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Soppeng Jalan Salotungo Watansoppeng, Rabu, (09/10/2019).

Sementara Wakil Ketua I dijabat A. Mapparemma M,SE. MM ( PDIP) dan Wakil Ketua II DPRD Soppeng, dijabat Riswan, S.Sos (Nasdem).

Pelantikan dan pengambilan sumpah pimpinan DPRD dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Soppeng, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan no.1811/X/2019 tentang peresmian pengamatan pimpinan dewan perwakilan daerah soppeng masa jabatan 2019 – 2024.

Saharuddin M Adam dalam sambutan pertamanya menyampaikan bahwa,
DPRD memiliki tiga fungsi, yaitu : fungsiLegislasi; berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, fungsi Anggaran: Kewenangan dalam hal anggaran daerah(APBD) dan fungsi Pengawasan: Kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

” Kedepan, DPRD Kabupaten Soppeng lebih ampuh dalam menjembatani keinginan masyarakat”, katanya.

Bupati Soppeng HA. Kaswadi Razak, SE, dalam Sambutan menyampaikan :
Bahwa, dalam konteks Otonomi daerah dewasa ini, eksistensi kinerja DPRD mutlak diperkuat dan ditingkatkan, mengingat DPRD selain sebagai representasi masyarakat juga sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

“Dengan kedudukan tersebut, DPRD tentunya diharapkan dapat memperlihatkan kinerja yang optimal, akuntabel dan berhasil guna dalam melaksanakan fungsi, tugas dan wewenang DPRD sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan”, jelasnya.

Kaswadi menambahkan bahwa, DPRD sebagai lembaga perwakilan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya berlandaskan prinsip saling mengimbangi (checks and balances) serta mengedepankan prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, meningkatkan kewibawaan DPRD dan kepercayaan masyarakat terhadap fungsi representasi yang bertujuan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat . (**)