Soppengpost.com Soppeng— Kepala Dinas Kominfo kabupaten soppeng Drs. Sarianto, M.Si menerima kunjungan kerja Sekretaris Diskominfo Kabupaten Barru bersama rombongan di kantor Dinas Kominfo Kabupaten Soppeng jalan Salotungo Watansoppeng, Kamis, (5/3/2020).

Kadis kominfo Soppeng, dalam penjelasannya kepada rombongan Kominfo Barru mengatakan bahwa seluruh jaringan aplikasi harus terpusat di kominfo seperti e-kinerja dll, jaringannya harus sinkron dengan user jaringan dan server, jika tidak maka akan mengakibatkan trouble, sehingga server harus ditingkatkan lagi kapasitasnya, dan kendala lainnya yaitu terkadang setiap SKPD belum mengerti.

“kedepannya, Dinas Kominfo akan menjadi SKPD paling bergensi karena untuk Tahun 2021 semua aplikasi harus membutuhkan izin dari Diskominfo”, jelasnya.

Sarianto menambahkan bahwa, setiap event yang melakukan live, kami siarkan melalui TV Kabel, Youtube dan media sosial lainnya dan semua cctv di setiap Kecamatan memakai radio 5,4 Ghz dan Fiber Optic sebagai media utama (tanpa internet) sehingga dapat menghemat biaya karena kami hanya menyiapkan perangkat awalnya saja.

Sementara Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Barru, Saharuddin, menjelaskan maksud kunjungannya untuk melakukan pembelajaran di Soppeng sehingga kedepannya dapat menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Selanjutnya Sekretaris Diskominfo Kabupaten Barru bersama rombongan juga berkunjungan ke ruangan SCC Kab. Soppeng dan melihat semua fasilitas yang ada di SCC serta proses kerja dari setiap operator SCC.

Sementara Sekretaris Diskominfo Kabupaten Soppeng Ilham, S.Sos menjelaskan bahwa ada 40 titik CCTV yang dipasang di Kab. Soppeng yang digunakan untuk melakukan monitoring pelayanan publik di Dukcapil, rumah sakit dan seluruh kecamatan yang ada di Kab. Soppeng. Tidak hanya itu, semua operator SCC adalah oarang yang paham akan IT.

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Barru bersama rombongan selanjutnya diarahkan ke Kantor Bappelitbangda untuk melihat kondisi pelaksanaan program 1 Data di Kabupaten soppeng. (**)