Soppeng— Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Soppeng menggelar kegiatan pelatihan pemandu wisata di ruang rapat gabungan dinas, jalan salotungo Watansoppeng, selama dua hari mulai tanggal 09 s/d 10 desember 2019.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka Plt. Asisten I administrasi Pemerintahan Drs. Muhammad Arif Dimas. D, M, Si mewakili Bupati Soppeng, diikuti Peserta 40 orang terdiri dari pelaku budaya, pengelola makam dan museum, petugas destinasi Wisata alam Lejja, Ompo dan Citta, kelompok sanggar seni.

Panitia pelaksana Kabid Destinasi Dan Promosi Pariwisata Dra. Hj. A. Riowati.M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk Menumbuhkembangkan destinasi wisata seperti warisan budaya, warisan kuliner, dan warisan alam tirta; Menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sebagai suguhan yang unik seperti kuliner hasil olahan tangan masyarakat utamanya ibu rumah tangga.

Sementara Arif Dimas dalam sambutannya mengatakan, Atas nama Pemerintah Daerah, saya menyambut baik pelatihan ini karena bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada semua Stakeholder dan pendamping kepariwisataan maupun Duta Wisata tentang pentingnya pemahaman Promosi Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Soppeng.

“Olehnya itu perlu didukung oleh kemampuan profesionalisme dari Stakeholder dan pendamping kepariwisataan itu sendiri sehingga yang diperlukan adalah pengembangan kapasitas diri antara lain melalui pelatihan semacam ini, karena salah satu komponen paling vital dan strategis sebagai ujung tombak dalam sektor pariwisata adalah pemandu wisata atau pramuwisata”, jelasnya.

Arif Dimas menambahkan bahwa, Pemandu wisata bertugas memberikan bantuan, informasi dan interpretasi warisan budaya, sejarah serta kontemporer kepada pengunjung/wisatawan di tempat-tempat bersejarah, museum, keagamaan, pendidikan dan tempat penting lainnya.

“kegiatan ini dilakukan dengan harapan agar kiranya para peserta benar-benar memanfaatkan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan mampu menyerap setiap materi yang diberikan untuk selanjutnya dapat diterapkan nantinya dan satu hal yang perlu saya ingatkan bahwa dalam melaksanakan tugasnya selaku Pemandu Wisata harus senantiasa memperhatikan masalah pelayanan. Usahakan untuk memberikan pelayanan terbaik khususnya terhadap para wisatawan yang datang berkunjung demi meningkatkan citra kepariwisataan kita”, harapnya. (**)