BPN Soppeng Launching Program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap

Soppeng— Desa Rompegading Kecamatan Liliriaja merupakan salah satu Desa di Kabupaten Soppeng yang ditunjuk sebagai lokasi Launching PTSL (Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap) Rabu, 23/01/2019 dilapangan Maccini Desa Rompegading.

Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Soppeng tengku Yusniar, SH, MH dalam laporannya mengatakan bahwa, “Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) adalah program lanjutan dari program Prona, kami Berharap mendapat dukungan dari seluruh pihak, baik pihak Pemerintah, DPRD maupun forkopimda”.

“Pada Tahun 2018 lalu terdapat 3900 Bidang yang diperuntukkan 13 Desa di Kabupaten Soppeng sehingga di Tahun 2019 Proyek Pusat BPN menaikkan menjadi 9 Juta dan setiap Tahun bertambah 2 Juta di Kabupaten Soppeng”, jelas Tengku Yusniar.

Yusniar menambahkan bahwa, dengan ditunjuknya Desa Rompegading selaku tuan rumah Launching PTSL dari pihak BPN Soppeng, tidak ada niat untuk membeda-bedakan dengan Desa lain, namun dipandang dari aspek kepastian Hukum, Ekonomi, Hamkamnas dan menyangkut sengketa-sengketa.

Bupati Soppeng yang diwakili Setda Soppeng Andi Tenri Sessu dalam sambutannya mengatakan, semoga program pertanahan ini bisa lebih meningkatkan dan memudahkan pelayanan sertifikat pada masyarakat.

“Mudah mudahan dengan kegiatan ini dapat mengurangi sengketa tanah dan memberikan dorongan dan semangat masyarakat untuk menandai batas tanahnya sehingga terbebas dari sengketa tanah karena persoalan batas tanah dan dengan adanya program ini Tidak ada lagi tanah masyarakat yang tidak bersetifikat “, harap Tenri Sessu. (**).