Soppeng— Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) kabupaten Soppeng, melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Pengelolaan Keuangan Desa di ruang Pola Kantor Bupati Soppeng Jalan Salotungo Watansoppeng, Kamis (5/12/ 2019).

Kepala Dinas BPKPD Drs.Dipa, M. Si dalam sambutannya yang si bacakan Sekretaris BPKPD Jumhuriah Ashar, SE, M.Si, menjelaskan bahwa pembangunan di desa pada era kepemimpinan pemerintahan saat ini, menjadi salah satu agenda pembangunan nasional yang tertuang dalam Nawa Cita yang ketiga yakni, “membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam kerangka NKRI”.

“Pembangunan desa melalui alokasi dana desa dari APBN yang dimulai tahun 2005, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan nasional karena pembangunan melalui dana desa ini dapat mendorong peningkatan kesejahteraan serta mengurangi ketimpangan dan kemiskinan masyarakat”, ungkapnya.

Menurut Junhuriah, Dana desa yang strategis ini, memerlukan energy kreatif dan inovasi para kepala desa beserta seluruh jajarannya untuk memnfaatkan semaksimal mungkin dana desa yang dikelolanya.

“saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan profesionalisme dan Integritas kita dalam mengelola dana desa dan bisa mewujudkan Desa yang mandiri, aman, adil dan sejahterah dalam wadah pemerintahan yang lebih baik dan melayani”, tutupnya.

Turut hadir; Narasumber tenaga ahli pengelolaan keuangan daerah Muh. FAISAL, S. ST, AK dan Fida Nurmawan, SE, AK, M, Si (Auditor muda dari Inspektorat kab. Soppeng) sekaligus mewakili Inspektur Daerah Soppeng, para kepala desa Sekretaris Desa Se-kabupaten Soppeng, Kaur keuangan Se-Kabupaten Soppeng yang berjumlah 140 orang.(**).