Soppeng— Staf ahli ekonomi dan pembangunan Hj. A. Darmi, M. SI mewakili Bupati Soppeng menghadiri Acara Pencanangan Bhayangkara KB Kesehatan Tingkat Kab. Soppeng Tahun 2019 di Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng Jl. Pengayoman Watansoppeng, Senin, (16/9/2019).

PLT Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB, Hj. A. Husniaty, S.Sos, M. Si, dalam Laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan Pencanangan Bhayangkara KB-Kesehatan merupakan wujud nyata peran Bhayangkara dalam mendukung program KB Nasional dan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sehingga kita semua yang terlibat dalam kegíatan ini tentunya harus merasa bertanggung jawab dan mendukung sepenuhnya terhadap
keberhasilan kegiatan ini.

“Untuk Mancapai Keberhasilan Program KB kita harus kerja keras terutama dalam hal peningkatan akseptor KB yang menggunakan metode Kontrasepsi Jangka Panjang seperti: Implant, IUD, MOW dan MOP, karna semua alat kontrasepsi metode jangka panjang ini akan mengurangi angka drop out Utamanya bagi penggunaan alat kontrasepsí masyarakat di daerah tertinggal dan terpencil”, tuturnya.

“Sejalan dengan hal tersebut, maka melalui kegiatan Bhayngkara KB Kesehatan tahun 2019 ini akan menghasilkan pokok-pokok pikiran yang mampu menjawab berbagai persoalan atau realita yang terjadi dimasyarakat utamanya di daerah kita kabupaten Soppeng ini khususnya yang berhubungan dengan program KB dan kesehatan”, tambahnya.

Sementara Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak, SE, dalam Sambutannya yang di bacakan oleh A. Dharmi menyampaikan bahwa, Pencanangan Bhyangkara
merupakan salah satu bentuk kontribusi BKKBN dan Bhyangkara serta mitra kerja BKKBN lainnya untuk membangun kependudukan Indonesia, agar tumbuh
seimbang dengan daya dukung yang tersedia, sehingga bangsa Indonesia secara keseluruhan akan
menjadi bangsa yang kuat sejahtera adil dan makmur.

“Pencanangan bakti sosial ini merupakan momentum
KB Kesehatan yang tersedia penting yang diharapkan dapat menjangkau sasaran program KKBPK yang dapat menjangkau sasaran
sampai daerah terpencil, khususnya di Kampung KB dengan mendekatkan pelayanan program kepada masyarakat”, jelaskan.

Lebih lanjut di jelaskan bahwa, Bhayangkara sebagai mitra kerja dari Dinas Pengendalian Penduduk telah melakukan berbagai kegiatan, seperti pemberian pelayanan KB
gratis yang dilakukan ke masyarakat khususnya paraibu-ibu muda, Sehingga dalam mengembang tugas-tugas di lapangan anggota Bhyangkara dan bidan lebih cekatan dan profesional.

“Disamping itu untuk menyukseskan program KB pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang pemakaian IUD dan manfaat pemberian nutrisi bagi ibu-ibu hamil”.

Turut hadir para anggota Forkopimda, para penyuluh KB se Kabupaten Soppeng, serta Anggota Bayangkari Polres Soppeng.(**).