Bappelitbangda Soppeng Gelar Musrembang Anak 2020

Soppeng— Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) kabupaten Soppeng menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak 2020

Kegiatan tersebut dilaksanakan diruang rapat kantor Gabungan Dinas Soppeng, Kamis 28 /2/2019, di buka Sekretaris Daerah Drs.H.A.Tenri Sessu,M.Si. mewakili Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak, SE.

Plt. Kepala Bappelitbangda Kab. Soppeng Kamaruddin, SE, M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa, Tujuan musrenbang anak ini, selain sebagai kewajiban pemerintah, juga merupakan media Komunikasi dalam membangun pengertian antara anak-anak dengan Orang tua, dewasa serta pemerintah dalam pemenuhan hak Anak.

“Pemerintah Daerah juga perlu melakukan klarifikasi atas kegiatan prioritas pembangunan yang responsif terhadap anak”.jelas Kamaruddin.

Sementara Bupati Soppeng yang dibacakan Sekretaris Daerah, dalam sambutannya mengatakan
“Keterlibatan anak dalam proses pembangunan sejak dari tahapan perencanaan sesuai dengan usia dan kapasitas, antara lain dengan melibatkan anak dalam Muserenbang”.

“Tindak lanjut Musrenbang anak juga sudah konkrit hasilnya. Pemerintah Daerah sudah memberikan perhatian yang besar terhadap pemenuhan hak anak. Hal ini dapat kita lihat dengan Penyediaan Rang Terbuka Ramah Anak(RTRA),Taman Kalong, dan pemberian Beasiswa untuk anak berprestasi tingkat SD,SMP,SMA bahkan sampai ke perguruan tinggi”,tuturnya.

“Semua ini adalah bukti keseriusan Pemerintah daerah, sehingga kita dapat melihat hasilnnya yaitu dengan diraihnya penghargaan Nasional sebagai Kabupaten Layak Anak Tahun 2018. Serta penghargaan tingkat Nasional sebagai Sekolah Ramah Anak yaitu MAN 1 Watansoppeng”, tegasnya.

Bupati soppeng menambahkan bahwa, Apabila mengacu pada usia anak 0-18 tahun, maka penduduk Kab.Sopeng yang tergolong usia anak sekitar 30%”. angka ini lanjutnya, perlu mendapatkan perhatian dalam penyusunan kebijakan. Pemikiran yang brilian untuk kemajuan daerah kita ini kami menunggu ide-ide kalian yang akan kita terapkan dalam pembangunan.

Musrenbang anak ini mengambil tema HAK ANAK BERPARTISIPASI DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN yang pesertanya berasal dari perwakilan sekolah-sekolah mulai dari SD/SMP/SMA Sederajat.(**)